Berkunjung ke Asia Selatan, Jokowi Berikan Bantuan Kemanusiaan Bagi Pengungsi Rohingya

 

 

Sharpthree.com – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo atau Jokowi pada 24 hingga 29 Januari 2018 melakukan kunjungan bilateral pada lima negara di Asea Selatan. Bapak presiden bersama dengan Ibu Negara Iriana Joko Widodo bertolak dari Bandara Halim Perdanakusuma dengan memakai pesawat Kepresidenan.

Pada kunjungannya ke 5 negara ini diantaranya Sri Lanka, India, Pakistan, Bangladesh, dan Afghanistan, Jokowi juga memberikan bantuan kemanusiaan seperti makanan serta obat-obatan.

Sebelum berangkat, dia dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla melakukan pengecekan bantuan tersebut yang diangkut menggunakan pesawat Hercules.

“Ini melanjutkan bantuan kita yang sudah beberapa kali kita kirimkan ke Cox’s Bazar, ini nanti pesawat akan turun di Chittagong. Dari situ dibawa naik darat empat jam ke Cox’s Bazar. Memang pengungsi di sana masih sangat membutuhkan sekali, terutama obat-obatan dan makanan,” ungkap Jokowi di Lapangan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (24/1/2018).

Jokowi mengatakan pihaknya masih akan memberi bantuan kemanusiaan terhadap pengungsi korban Rohingya di Bangladesh. Dari informasi yang diterima, para pengungi masih memerlukan uluran tangan.

“Memang masih sangat membutuhkan sekali. Jumlahnya (pengungsi) bukan hanya ribuan tapi ratusan ribu. Ini membutuhkan uluran tangan dari negara-negara yang lain. Saya kira kita konsisten memberikan bantuan ke pengungsi rohingya,” kata Jokowi.

Presiden Jokowi mengatakan akan meluangkan waktu untuk melihat secara langsung keadaan para pengungsi di Bangladesh. Termasuk menyambangi tenda pengungsian Rohingya di Cox’s Bazaar.

“Ya kalau memungkinkan waktunya. Karena memang kita pas kunjungan di Bangladesh, nanti kalau waktu memungkinkan saya juga mau menengok,” katanya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *