Pasca Insiden Bersenggolannya Lion Dan Wings

Sharpthree.com – Tak hanya alat transportasi darat saja yang mengalami tabrakan. Alat transportasi udara pun ternyata bisa bertabarkan. Seperti diberitakan adanya senggolan antara Lion dan Wings sangat disayangkan sekali.

Insiden ini terjadi Kamis (3/8/2017) di Koalanamu Medan, Sumatra Utara. Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi meminta komite Nasional Keselamatan Transportasi melakukan investigasi.

“Atas kejadian tersebut saya akan menugaskna KNKT untuk melakukan Pengawasan, karena nanti kita akan mengamati. Kita lihat ini satu kecerobohan siapa. Nah oleh karenanya saya akan menghimbau kepada pilots untuk lebih berhati-hati. Apalagi ditengah jumlah pilot yang tidak bekerja sebanyak 900 harus ekstra hati-hati. Karena profesi pilot sendiri itu profesi paling penting dan sangat mengandalkan suatu kompetensi. Tapi apapun itu akan tetap kita teliti siapa yang benar-benar bersalah dan tentunya akan kami beri konsekwensi. saya turut prihatin atas kejadian ini”, Ujar Budi.

“Penerbangan normal. Tidak ada penutupan dan tidak terjadi gangguan,” ujar General Manager Angkasa Pura II Cabang Bandara Kualanamu Arif Darmawan.

Insiden ini terjadi sekitar pukul 11.00 WIB. Senggolan bagian sayap terjadi saat pesawat Lion Air rute Banda Aceh-Medan mendarat. Sedangkan Wings Air saat itu hendak lepas landas menuju Meulaboh.

“Tim lagi investigasi. Proses evakuasi (penumpang) 45 menit tadi,” kata Kepala Otoritas Bandara (Otban) Wilayah II Medan, Nur Isnin secara terpisah.

PR Manager Lion Air Group, Andy M Saladin menegaskan tidak ada penumpang yang terluka dalam insiden ini. 66 penumpang Wings Air IW 1252 akan diberikan kebijakan full refund di tempat ataupun reschedule.

Sementara untuk penumpang Lion Air JT 197 yang membawa 144 penumpang dan emiliki penerbangan lanjutan menuju Kota lainnya akan diterbangkan menggunakan maskapai Lion Air Group lainnya yaitu Batik Air ataupun Lion Air.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *