Pelaksanaan UNBK SMP di Ciamis Terlambat 20 Menit Sebab Server Eror

 

 

 

Sharpthree.com – Terdapat sebanyak 13.175 siswa kelas IX dari 116 SMP di seluruh Kabupaten Ciamis mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Tetapi, pada hari pertama pelaksanaannya Senin (23/4/2018) mengalami keterlambatan selama 20 menit lantaran masalah server yang eror untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia.

“Setelah melakukan pemantauan ke beberapa sekolah, memang tadi ada keterlambatan karena server error, tapi itu bukan lokal tapi skalanya nasional, sekarang sudah berjalan lancar,” ungkap Penjabat sementara Bupati Ciamis Deddi Mulyadi.

Deddi merasa yakin pelaksanaan UNBK di Ciamis dapat berlangsung dengan tanpa hambatan. Pada tahun kedua pelaksanaan UNBK, semua SMP di Kabupaten Ciamis sudah dapat mengikutinya. Walaupun terdapat empat sekolah yang masih bergabung dalam pelaksanaannya.

“Semua sudah dipersiapkan, termasuk bila terjadi pemadaman listrik sudah diantisipasi dengan menyediakan genset. Insya Allah tidak ada masalah sampai hari Kamis,” katanya.

Menurut Deddi, pelaksaanaan UNBK di Kabupaten Ciamis ini masing-masing sekolah membagi waktu pelaksanaan dalam tiga sesi. Setiap harinya digilir agar memperoleh keadilan terhadap seluruh peserta UNBK.

“Semua peserta hadir tidak ada yang sakit, harapannya mudah-mudahan dengan UNBK ini Ciamis hasilnya baik, tahun ini lebih baik lagi,” terangnya.

Disamping itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis Wawan S Arifien mengatakan semenjak diberlakukannya UNBK SMP, semua SMP di Ciamis sudah secara keseluruhan 100 persen melaksanakannya di tahun 2017, sedangkan MTs hanya baru 63 persen di tahun yang sama.

“Sekarang semuanya sudah melaksanakan UNBK tidak ada yang pakai tulis. Memang ada sekolah yang masih kekurangan komputer dan pelaksanaannya bergabung dengan sekolah lain. Mudah-mudahan kedepan semua sekolah bisa menyelenggarakan secara mandiri,” katanya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *