Sebanyak 29 Buronan Diburu Oleh Kejati Riau

Sharpthree.com – Sebanyak 29 orang yang dalam status buronan masih diburu oleh Kejati Riau. Dari jumlah 29 orang tersangka buron tersebut sudah dipastikan termasuk dalam daftar  pencarian orang alias buron.

Pihak dari Kejati Riau juga bekerja sama dengan pihak kepolisian dalam memburu para buron. Asisten Pidana Khusus Kejati Riau Sugeng Riyanta mengatakan para buron ini kasus hukumnya diproses di beberapa kejaksaan negeri. Kejari Pekanbaru memburu 18 orang, Kejari Bengkalis 2 orang, Kejari Indragiri Hilir 4 orang, Kejari Rokan Hulu 2, Kejari Dumai 1, Kejari Siak 1, dan Kejari Kuantan Singingi memburu 1 orang.

“DPO ini adalah akumulasi dari tahun-tahun sebelumnya. Yang paling banyak itu ada di Kejari Pekanbaru, 18 orang,” kata Sugeng, Sabtu (9/12/2017).

Dari sebanyak orang yang dinyatakan buron tersebut ada satu orang yang sudah dinyatakan sebagai terpidana. Kaburnya orang-orang yang sedang menjalani proses hukum menjadi persoalan tersendiri bagi kejaksaan.

“Kenapa mereka DPO? Biasanya karena pada saat proses persidangan terdakwa ini tidak dilakukan penahanan,” kata Sugeng.

Kaburnya para terpidana ini juga disebabkan oleh putusan bebas di tingkat pertama atau pengadilan negeri. Namun pada upaya kasasi, orang yang bersangkutan belum bisa dieksekusi ke penjara.

“Jadi memang harus dilakukan pencarian-pencarian, namun kita Kejati Riau terus berupaya untuk menangkapnya,” kata Sugeng.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *