Sidak Pasar Atasi Pedagang Nakal

Sharpthree.com – Satgas Pangan Polrestabes Surabaya bersama Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya sedang melakukan sidak ke pasar-pasar yang ada di Surabaya. Mereka sedang memantau harga barang kebutuhan dapur menjelang puasa dan lebaran.

Hasil sidak ini yang akan digunaklan untuk evaluasi fluktuasi pergerakan harga jelang ramadhan dan lebaran dan untuk persiapan bagaimana nantinya mengantisipasi lonjakan kenaikan harga. Selain itu sidak juga dilakukan untuk mengantisipasi adanya pedagang nakal yang menaikkan harga dengan seenaknya.

“Hari ini kami bekerjasama dengan Pemkot Surabaya melakukan sidak pasar untuk memantau harga kebutuhan 9 bahan pokok yang salah satunya adalah kebutuhan dapur,” ujar Kasubbag Humas Polrestabes Surabaya Kompol Lily Djafar di Pasar Keputran, Jumat (12/5/2017).

Kebutuhan dapur yang dimaksud adalah bumbu masakan seperti cabai, bawang merah, bawang putih, dan lain sebagainya. Hasil dari sidak diketahui bahwa harga bumbu dapur yang mengalami kenaikan signifikan adalah bawang putih. Sementara harga cabai dan bawang merah stabil.

“Yang naik banyak harga adalah bawang putih. Sementara bawang merah cabai relatif stabil,” kata Lily.

Salah satu pedagang cabai, Udin, mengatakan bahwa cabai rawit sekarang harganya Rp 45-50 ribu per kilo, turun dari sebelumnya yang mencapai Rp 80-100 ribu per kilo. Nur, pedagang bawang merah juga mengatakan bahwa harga bawang merah stabil di kisaran harga Rp 21 ribu per kilo.

“Kalau bawang putih memang naik, dari harga Rp 30 ribu pada dua minggu lalu, sekarang naik jadi Rp 60 ribu. Barangnya sedikit, makanya harganya naik,” kata Nur.

Sidak yang dilakukan polisi dan Pemkot Surabaya tidak hanya menyasar Pasar Keputran saja, tetapi juga pasar lain seperti Pasar Mangga Dua, Genteng, dan Simo. Mereka juga datang ke Terminal Teluk Lamong. Polisi dan Pemkot Surabaya ingin mengetahui alur masuknya barang konsumsi dari daerah lain atau negara lain menuju ke Surabaya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *