Soal dan Kunci Jawaban USBN Bocor, Tersebar di Grup WhatsApp

 

 

 

 

Sharpthree.com – Forum Aksi Guru Indonesia (FAGI) menjumpai peredaran soal serta kunci jawaban Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) SMA pada sebuah group Whatsapp dan Line. Penyebar yang juga merupakan admin grup dipanggil ‘kakak’ oleh anggotanya.

Ketua FAGI Iwan Hermawan mengungkapkan telah mengetahui siapa yang membuat grup WhatsApp tersebut. Dia menyebutkan pada grup WA tersebut terdapat nomor telepon serta namanya.

“Karena pembuat WA sudah jelas ada nomor, orangnya ada, namanya ada sangat mudah kepolisian untuk mengambil tindakan nanti,” ungkap Iwan.

Dia mengatakan dari penyelidikan FAGI di grup WA serta Line tersebut, admin utamanya adalah seorang wanita. Admin itu membagikan soal serta kunci jawaban di grup setiap hari.

“Itu menyebar setiap hari meraka (anggota grup) dapat itu setiap pagi dapat kalau dilihat selelu diterima memanggil kakak kepada yang menyebarkan itu di WA atau Line,” ujarnya.

“Ada seseorang yang buat grup orang yang sama (WA dan Line) kita lacak ada seorang perempuan yang buat,” imbuhnya.

Dia juga mengatakan anggota grup WA dan Line itu beranggotakan hingga ratusan orang. Sementara diduga penyebaran mengenai grup tersebut dilakukan dari mulut ke mulut siswa yang mengenal.

“Nah anak ini (admin) yang ngasih tau mari kita gabung dari mulut ke mulut. Yang gabung grup wa ini semacam komunitas yang sama,” ungkap Iwan.

Sebelumnya, penemuan peredaran soal di grup WA dan Line ini telah dilaporkan terhadap Dinas Pendidikan (Disdik) dan Komisi V DPRD Jabar pada Senin (26/3/2018). Pihaknya mengimbau pihak yang berwenang melakukan penyelidikan lebih lanjut.

“Kami sudah menyampaikan ke Disdik dan Komisi V semua bukti kebocoran soal tersebut. Kami minta untuk mereka melacak siapa yang sudah meracuni para siswa ini,” pungkasnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *